Wah… selamat ya sudah memutuskan untuk mendesain rumah. Terus apa dong langkah selanjutnya?

Mau ruangan yang lama atau ruangan baru yang akan kamu desain, mmmm… lumayan menantang ya. Berapa rencana biaya yang kamu habiskan, mau kamu kerjakan sendiri atau menyewa profesional? Desain seperti apa yang cocok untuk ruangan itu, dan harus seperti apa agar hasilnya dapat memuaskan anda.

Diartikel ini kami akan mencoba memberikan kamu bagaimana memulai itu semua dari tahap awal hingga akhir. Kita akan membahas pemilihan warna, bahan, penempatan furnitur, serta pengaturan budget yang sesuai.

Kritik Ruanganmu Sendiri

Mulailah melihat sekeliling rumahmu satu persatu dan lihatlah mana bagian yang kamu suka dan mana bagian yang tidak kamu suka. Nah dari situ kamu bisa tau apakah bagian yang kamu suka karena dekorasinya, karena kenyamanannya, sofa nya, atau warna nya.

Belajar dari itu ulangi hal-hal yang kamu sukai, dan jangan ulangi hal-hal yang tidak kamu sukai hanya karena hal itu sudah biasa bagi kamu.

Mencatat Hal-hal Yang Diperlukan

Jika rencana untuk mendesain sudah ada rencanakan sebaik mungkin sehingga tidak masalah dengan budget, kamu bisa mulai mencatat semua hal untuk mewujudkannya. Bagi kamu yang sangat memperhitungkan budget kamu bisa mencatat apa sih yang bisa kamu lakukan dan yang tidak bisa kamu lakukan sendiri,  furnitur apa yang dipersiapkan, warna, sewa profesional atau tidak dan bagian mana yang bisa dilakukan segera dan mana yang bisa ditunda.

Jika anda tetap mengalami kesulitan tentang ini, tim saresore dapat membantu anda untuk permasalahan ini. Tim saresore.com

Mengumpulkan Referensi

Mulailah googling tentang interior desain ruangan. Kumpulkan semua gambar yang kamu suka. Ini akan sangat membatu kamu apabila kamu menyewa seorang profesional sehingga mereka dapat mengetahui selera dan karakter yang sesuai dengan pribadi kamu.

 

Pastinya.. Saresore.com adalah sarana yang sangat coock buat kamu untuk memulai semua itu, karena kamu bisa melihat koleksi foto dari teman-teman saresore.com untuk saling berbagi inspirasi. Kamu boleh simpan semua foto dari saresore.com sehingga kamu bisa menjadikannya sebagai ide untuk ruanganmu. Kamu bisa follow instagram atau fanpage saresore di bawah ini.

 

Setelah kamu mengumpulkan semua inspirasi untuk ruangannmu. Eitttss… tahan dulu.. jangan terburu-buru untuk memutuskannya. Kasih waktu sekitar 2 minggu sampai 3 bulan sembari kamu mengumpulkan foto yang lain. Karena berdasarkan pengalaman customer kami, inspirasi desain anda akan berkembang dan inspirasi yang semula terlihat sangat perfect akan terlihat biasa saja di 1 bulan kemudian.

 

Terlibatlah 50%

Kebanyakan dari kita selalu bilang kepasangan kita, aku serahin kamu aja deh mau gimana desainnya yang penting bagus.

Menurut kami itu gak bagus.. karena ketika kamu mengatakan demikian maka pasangan kamu atau orang yang kamu serahkan untuk mendesain sesuka dia maka ketika dia sudah muali berbelanja kamu pasti memiliki pendapat tentang barang yang sudah mulai di beli oleh dia, ya kan!

Jadi, luangkan waktu bersama untuk melihat referensi dari IG atau fanpage saresore atau bacalah beberapa artikel di majalah saresore.com dan mulailah berdiskusi dari apa yang kamu dan dia dapatkan, misal dari foto ini kamu suka bagian yang mana? kalau dari foto ini yang gak suka yang mana?.., nah dengan berdiskusi anda dan dia akan mendapatkan hasil yang sempurna. Dengan cara ini pilihan awal kamu dan dia tidak akan terpengaruh oleh lawan bicara kamu. Saat kamu meninjau pilihan kamu bersama-sama, perbedaan dan persamaan akan segera menjadi jelas.

Gak Tau Apa Yang Kamu Suka?

Banyak orang merasa sulit untuk mengartikulasikan apa yang mereka inginkan. Jangan bingung, tetap pada hal yang sudah kamu lakukan seperti mengumpulkan sumber informasi dan inspirasi dari foto atau artikel. Dari situ kamu bisa menemukan mana yang kamu suka dan gak kamu suka. Bisa dimulai dari furnitur atau prabot tersebut, gaya perabot, palet warna, pola, bahan, jumlah furnitur di setiap ruangan. Ini akan membawa sesuai dengan karakter kamu sehingga kamu akan mendapatkan kenyamanan yang sempurna buat kamu.

Lihat lagi, saat tampilan ruangan kamu sudah mulai mendekati apa yang kamu desain. Mulailah meliat mana yang harus kamu pakai dan tidak, maksudnya kalau kamu suka sofa nya tapi kamu gak suka kain sofanya, kamu bisa ganti kainnya saja. Lihat lagi bagian mana yang kamu banget dan mana yang gak banget. Hidup ini terlalu singkat untuk tetap memiliki yang kamu gak suka.

Selesaikan, sekaligus atau sebagian? nah ada baiknya kamu benar-benar mempersiapkan seluruhnya untuk mendesain, karena kalau kamu menyelesaiakn desain ruangan setengah-setengah saya jamin kamu gak akan nyaman tinggal disitu. Saran dari saresore.com sebaiknya kamu selesaikan desain ruangmu walaupun itu bagian yang paling kecil. Bersyukurlah kalian yang memiliki budget tidak terbatas untuk mendesain ruanganmu sesuai dengan kemauanmu.