Berapa dapur yang kalian punya? Mungkin sebagian  dari kalian punya dua. Kenapa juga kalian butuh dua dapur di rumah? Mungkin sebagian dari kalian juga tidak tahu alasannya.

Kami telah mengamati beberapa rumah termasuk rumahku sendiri. Kami menemukan keanehan setelah melihat dua dapur dalam satu rumah. Apa yang dimaksud dengan dua? Kami berjalan dari ruang keluarga ke dapur dan mendapati pintu ke arah dapur lainnya. Kebanyakan dapur kedua tidak sebagus yang pertama. Apa tujuan dapur lainnya? Kamu akan memasak pada dapur yang pertama dan juga memasak di dapur lainnya. Memang, tidak ada perbedaan diantara keduanya dan adanya dapur memang seharusnya ditujukan untuk memasak. Lalu mengapa punya dua dapur jika satu cukup?

Mempunyai dua dapur dalam satu rumah adalah bagian dari tradisi orang Filipina. Itu juga bisa menjadi bagian dari estetika. Kebanyak dari kita mempunyai dua dapur karena kita tidak pernah ingin dapur utama kita berantakan. Dengan kata lain, kita tidak pernah menggunakan dapur utama, kita menggunakan dapur kedua sebagai gantinya. Dapur utama harus tetap bersih sehingga tidak memalukan ketika tamu datang.

Tujuan lainnya. Dapur kotor digunakan untuk persiapan acara makan yang besar, seperti acara keluarga, ulang tahun, dan sebagainya. Area dapur utama tidak akan cukup. Kami mencoba mencari informasi lewat google dengan kata kunci “dapur kotor”. Semua gambar menunjukkan suasana kotor yang sesungguhnya. Noda tersebar diseluruh penjuru, peralatan dapur yang tidak dicuci seperti piring, garpu, sendok, pisau, dan lain-lain… tidak diatur dengan benar. Lalat, kecoak, dan hewan pengerat terlihat berkeliaran. Hmm… “dapur kotor” memang penemuan orang  Filipina.

Dapur Kering VS Dapur Basah (konsep sebenarnya)

Kami telah beberapa kali menerapkan konsep tentang dapur kering dan basah dengan info visual yang aku dapat dari internet. Ngomong- ngomong, arti sebenarnya dari dapur kering dan basah Ialah mempunyai dua baian dari dapur ( tidak terpisah menjadi satu bagian di belakang rumah dan satunya di bagian dalam ) hanya dapur dengan dua sisi

If you can organize your kitchen, you can organize your life – Louis Parrish

Bagian kering adalah tempat dimana kalian melakukan segala kegiatan yang tidak berantakan dan hal-hal “lebih kering” seperti membuat sandwich, memotong buah, memanggang roti atau semacamnya. Itu lebih bersih dan tidak membutuhkan lebih sedikit tenaga untuk membersihkan. Oleh karena itu, biasanya bagian ini tidak terdapat wastafel. Beberapa orang masih menaruh sebuah wastafel kecil untuk sekedar mencuci tangan atau membersihkan pisau. Biasanya menjadi satu dengan ruang makan keluarga atau meja sarapan. Bagian ini mempunyai meja bar kecil dan mungkin bahkan sebuah televisi untuk hiburan atau untuk  menonton program memasak.

Dapur basah adalah bagian yang berantakan, bagian berminyak pada dapur, mempunyai wastafel dapur yang besar untuk mencuci peralatan, dan pastinya semua peralatan masak seperti kompor dan oven. Disini tempat kalian memotong ayam, daging, dan ikan. Sesuatu yang membutuhkan tenaga lebih banyak dalam clean-up. Maka dari itu namanya dapur “basah”.

Their kitchen is their shrine, the cook their priest, the table their altar, and their belly their god – Charles Buck

.

.

.