Sudahkah anda menyediakan oksigen bagi keluarga anda? Sudahkah anda membantu alam disekitar anda?

Apa urusannya ? ya, belum banyak orang mengerti tentang pentingnya menyediakan ruang terbuka hijau di dalam rumah. Bahkan banyak juga rumah yang sama sekali tidak terdapat ruang terbuka hijau di dalamnya. Tahukah anda luasan ruang terbuka hijau yang harus disediakan di dalam setiap rumah? 20-30 % besarnya, ambil contoh jika rumah anda 100 meter persegi maka kebutuhan ruang terbuka hijau anda ialah sebesar 30 meter persegi. Hal ini merujuk pada peraturan tentang Undang-undang tata kota yang menetapkan bahwa 30% kota diharuskan berupa RTH (Ruang Terbuka Hijau).

Mungkin terlihat sangat menyita lahan anda, namun memang demikian peraturannya. Banyak dari kita tidak menerapkannya pada rumah kita, bukan hanya karena kita tidak tahu namun juga dengan seiring berkembangnya kompleks perumahan kecil atau cluster yang menyediakan rumah siap pakai juga tidak memberi kita awarness tentang kebutuhan ruang terbuka hijau di dalam rumah dengan desain yang diberikan. Memang semua hal itu berhubungan dengan faktor ekonomi.

Rumah yang kita tempati dahulunya juga ruang terbuka hijau, maka baiknya kita juga menghargai alam yang kita tinggali. Ingatlah bahwa kita akan dihargai ketika kita menghargai, hal ini juga berlaku dengan alam.

Banyak sekali fungsi dan manfaat ruang terbuka hijau, antara lain dari sisi ekologisnya :

  1. Sebagai peneduh rumah dengan pohon yang besar
  2. Produsen oksigeb di sekitar rumah
  3. Penyerap air hujan dan serapan air tanah, sehingga mengurangi beban selokan/ got di sekiar rumah
  4. Penahan angin yang masuk ke dalam rumah
  5. Penyedia habitat satwa
  6. Penyerap polutan berupa debu dan air
Banyak juga cara atau penerapannya pada rumah anda, sehingga rumah tidak hanya sehat namun juga indah. Adanya taman di bagian rumah juga bisa sebagai tempat menyalurkan hobi berkebun, sumber oksigen, ataupun menghilangkan rasa penat. Pada dasarnya, peletakkan taman tidak harus selalu ada di halaman depan. Anda juga dapat memanfaatkan lahan lainnyauntuk membuat taman seperti lahan belakang rumah, samping rumah, atau bahkan di dalam rumah.

Taman Di Depan rumah

Taman Di Samping Rumah

Taman Di Dalam Rumah

Taman Di Belakang Rumah